Minggu, 29 Desember 2013

Cappuccino Berasal dari Turki?

By Unknown   Posted at  13.33   Kuliner No comments


Kali ini saya akan membahas tentang kopi lagi. Nah, kali ini saya akan membahas kopi yang sangat identik dengan Italia, yaitu Cappuccino. Kenapa sih kopi ini sangat terkenal dan identik dengan negeri spaghetti itu? Kopi ini memang menjadi kopi yang umum disajikan di kafe-kafe Italia. Kopi ini warnanya cokelat yang di atasnya terdapat busa susu. Cappuccino disajikan dari sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, dan sepertiga busa susu dan biasanya diminum pada saat pagi hari.

Perkembangan Awal Cappuccino
Awalnya, orang-orang Nasrani menganggap bahwa kopi sebagai minuman setan. Karena minuman ini merupakan minuman yang sering diminum oleh musuh-musuh mereka pada Perang Salib. Paus pada saat itu, Vincent III, penasaran dengan kopi. Akhirnya, ia memutuskan mencari kopi. Setelah ia mencicipi kopi, ia sangat menikmati rasa dari kopi itu, lalu keputusan 'haram' tidak jadi dikeluarkan.

Suatu ketika pasukan Nasrani menemukan berkarung-karung kopi yang ditinggalkan pasukan Ottoman. Perkembangan kopi di Wina, Austria berubah. Untuk menghilangkan rasa pahit, pasukan bawahan Marco D'Aviano mencampurkan krim dan madu. Kemudian, warna kopi tersebut berubah menjadi cokelat mirip Cappucchin (topi) D' Aviano.

Terkenal di Italia
Di Negara Italia, tempat asal D' Aviano, cappuccino ini telah berkembang dengan berbagai variasi. Sejak ditemukan pada 1901, minuman cappuccino mulai populer dengan semakin banyaknya mesin espresso di kedai kopi maupun restoran. Sajian cappuccino dalam bentuknya yang dikenal seperti sekarang ini sudah berkembang mulai tahun 1950-an.

Hingga tahun 1990, cappuccino hanya diminum oleh masyarakat Eropa dan beberapa kota besar di Amerika Utara. Namun pada saat ini, cappuccino dapat ditemukan di kafe-kafe dengan mudah. Variasi cappuccino pun mulai berkembang. Cappuccino kini bisa disajikan panas ataupun dingin. Ada juga yang menambahkan topping cokelat atau es krim. Namun bagaimanapun juga, cappuccino merupakan minuman yang paling sulit dihidangkan.

Tentang Penulis

Hanya seorang pelajar yang mencari secercah cahaya hidayah di jalan dakwah yang panjang dan berliku. Berbagi segala sesuatu yang berharga secara cuma-cuma. Bukan seorang hartawan, tetapi hanya seorang yang berilmu sebagai bekal dakwah.

0 komentar:

Silakan berkomentar tentang artikel ini. Anda juga bisa menambahkan emoticon seperti di bawah ini, klik pada gambar untuk mengetahui simbol emoticon.

Back to top ↑
Connect with Us


© 2013 Jurnal Hanif. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.