Minggu, 27 April 2014

Umur Umat Islam 1500 Tahun?

By Unknown   Posted at  11.16   Islam 2 comments

Membaca judul di atas mungkin sahabat langsung merinding. Hari ini saja, kita sudah menginjak tahun 1435 hijriyah. Berarti umur umat Islam tinggal tersisa sekitar 52 tahun lagi. Tentu 52 tahun bukanlah waktu yang panjang. Namun, sahabat pasti masih bertanya-tanya. Dari mana angka 1500 tahun tersebut didapat? Angka tersebut didapatkan dari pendapat-pendapat para ulama berikut ini.

Pendapat Ibnu Hajar
Menurut beliau, umur umat Yahudi adalah jumlah dari umur umat Nasrani dan umur umat Islam. Umur umat Yahudi diperkirakan 1500 tahun, yaitu dari diutusnya Nabi Musa AS hingga Nabi Isa AS. Sedangkan umur umat Nasrani diperkirakan 600 tahun, yaitu dari diutusnya Nabi Isa AS hingga Nabi Muhammad SAW. Jika umur umat Yahudi 1500 tahun, dan umur umat Nasrani adalah 600 tahun, maka bisa didapatkan bahwa umur umat Islam adalah 900 tahun.

Namun, Ibnu Hajar mengatakan bahwa ada tambahan 500 tahun sesuai dengan hadits shahih dari Sa'ad bin Abi Waqash.

Sesungguhnya saya berharap agar umatku tidak akan lemah di depan Tuhan mereka dengan mengundurkan (mengulurkan) umur mereka selama setengah hari. Kemudian Sa’ad ditanya seseorang: "Berapakah lamanya setengah hari itu?" Sa’ad menjawab: "Lima ratus tahun" (HR Ahmad dan dishahihkan Al Bani)
Jadi, total umur umat Islam adalah 1400 tahun (belum termasuk tambahan). Namun, saat ini kita sudah melewati 1400 tahun. Jadi kemungkinan tambahan tersebut adalah umur Nabi Muhammad SAW ditambah dengan tahun sebelum hijrah, sehingga, 1400 tahun ditambah dengan 63 tahun dan ditambah 13 tahun, sama dengan 1476 tahun.

Pendapat Imam Ibnu Rajab al Hambali
Untuk menghitung umur umat Islam, Ibnu Rajab menggunakan hadits berikut ini sebagai dasar perhitungannya.
Sesungguhnya masa menetap kamu dibandingkan dengan umat-umat yang telah berlalu adalah seperti jarak waktu antara salat Ashar hingga terbenamnya matahari (HR Bukhari)
Menurut Ibnu Rajab, maksud dari umat-umat yang berlalu adalah umat Yahudi dan umat Nasrani.

Imam Ibnu Rajab Al Hanbali mengibaratkan keseluruhan masa dunia adalah seperti satu hari penuh dengan siang dan malamnya. Imam Ibnu Rajab Al Hanbali menjadikan waktu umat-umat terdahulu dari masa Nabi Adam hingga Nabi Musa seperti waktu satu malam dan waktu itu adalah 3000 tahun. Kemudian beliau menjadikan masa umat-umat yahudi, nasrani dan Islam adalah seperti waktu siang dari hari tersebut, maka berarti waktu itu juga 3000 tahun.

Ibnu Rajab menafsirkan hadis Bukhari lainnya bahwa masa-masa amaliah umat Nabi Musa AS hingga datangnya Nabi Isa AS seperti setengah hari pertama (1500 tahun), dan masa amaliah umat Isa adalah seperti waktu salat Zuhur hingga salat Ashar (600 tahun), dan masa amaliah umat Islam adalah seperti sesudah salat Ashar hingga terbenamnya matahari.

Maka, umur umat Islam adalah 900 tahun ditambah dengan 500 tahun, sehingga hasilnya adalah 1400 tahun. 1400 tahun tersebut belum termasuk tahun tambahan, dan Ibnu Rajab tidak menyebutkan berapa tambahan tahun tersebut.

Dari penjelasan di atas, sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi hari akhir dengan meningkatkan ketakwaan kita. Terlebih lagi, masih banyak tantangan-tantangan yang berat menjelang hari akhir seperti fitnah Dajjal dan kemunculan Ya'juj dan Ma'juj. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi sahabat. Wallahu A'lam.

Tentang Penulis

Hanya seorang pelajar yang mencari secercah cahaya hidayah di jalan dakwah yang panjang dan berliku. Berbagi segala sesuatu yang berharga secara cuma-cuma. Bukan seorang hartawan, tetapi hanya seorang yang berilmu sebagai bekal dakwah.

2 komentar:

Silakan berkomentar tentang artikel ini. Anda juga bisa menambahkan emoticon seperti di bawah ini, klik pada gambar untuk mengetahui simbol emoticon.

Back to top ↑
Connect with Us


© 2013 Jurnal Hanif. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.