Senin, 31 Desember 2012

Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia

By Unknown   Posted at  11.20   Kuliner No comments

Assalamualaikum Wr. Wb.



Halo sahabat pembaca, ketemu lagi dengan saya di artikel yang berbeda. Kali ini, saya akan membahas kuliner dari Indonesia yaitu kopi luwak. Sebelumnya, udah pada tau belum, apa sih kopi luwak itu? Kopi luwak adalah kopi yang diambil dari kotoran luwak atau musang. Ih, pasti sahabat sedikit jijik dengan kata "kotoran". Namun, jangan khawatir! Kopi ini sudah dibersihkan dari kotorannya dan mempunyai rasa yang khas. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kopi luwak, saya akan membahas tentang sejarah kopi luwak.

Sejarah Kopi Luwak
Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan komersial di Hindia-Belanda, terutama di pulau Jawa dan Sumatera. Salah satunya adalah perkebunan kopi arabika yang didatangkan dari Yaman. Pada saat era "Tanam Paksa" atau Cultuurstelsel, Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, lalu diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak. Kabar mengenai kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, maka kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak menjadi kopi yang mahal sejak zaman kolonial.

Keunikan Kopi Luwak
Kopi luwak mempunyai rasa yang cukup enak bagi para pecinta kopi. Sahabat bisa membedakan antara kopi luwak dengan kopi yang lain. Kopi luwak mempunyai tekstur yang lembut dengan rasa pahit yang kuat, namun rasa itu terselubung. Aroma dari kopi luwak juga sangat harum, ini sangat berbeda dengan kopi lainnya. Bagi sahabat pecinta kopi, sahabat tidak perlu khawatir apabila terlalu banyak minum kopi luwak. Karena kopi luwak mempunyai asam yang rendah, sehingga relatif aman bagi sahabat yang tidak mempunyai penyakit lambung.

Harga yang Mahal
Selain mempunyai rasa dan aroma yang khas, tentunya kopi ini menjadi sangat mahal karena kelangkaannya. Di luar negeri saja, kopi luwak mencapai US$100 per 450 gram. Namun bagi pecinta kopi, harga mahal bukanlah penghalang untuk menikmati kopi ini. Terbukti ketika saya berkunjung ke Ciwidey, daerah penghasil kopi luwak, banyak turis asing yang memesan kopi luwak dari daerah penghasil karena alasan harga yang relatif terjangkau. Pada saat saya di sana, harga per cangkirnya adalah Rp25.000. Sedangkan harga per kemasannya adalah Rp100.000, dengan satu kemasan terdiri dari 10 sachet. Memang perbedaannya sangat jauh dari kopi biasa, tapi itu adalah harga yang paling murah. Jika sahabat ke Jakarta, harga per cangkirnya bisa mencapai Rp100.000. Jika sahabat ingin mendapatkan kopi luwak asli dengan harga terjangkau, sahabat bisa mengunjungi daerah penghasil kopi luwak seperti:
  • Gayo, Aceh
  • Sidikalang
  • Desa Janji Maria, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas
  • Kota Pagaralam 
  • Semende, Kabupaten Muara Enim
  • Kotabumi, Lampung
  • Jawa Barat
  • Jawa Timur
Nah, penasaran untuk mencobanya kan? Demikian informasi dari saya, dan semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tentang Penulis

Hanya seorang pelajar yang mencari secercah cahaya hidayah di jalan dakwah yang panjang dan berliku. Berbagi segala sesuatu yang berharga secara cuma-cuma. Bukan seorang hartawan, tetapi hanya seorang yang berilmu sebagai bekal dakwah.

0 komentar:

Silakan berkomentar tentang artikel ini. Anda juga bisa menambahkan emoticon seperti di bawah ini, klik pada gambar untuk mengetahui simbol emoticon.

Back to top ↑
Connect with Us


© 2013 Jurnal Hanif. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.