Sabtu, 27 Oktober 2012

Alasan Doa Tidak Dikabulkan

By Unknown   Posted at  13.58   Islam No comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Halo sahabat, apa kabar? Semoga baik-baik saja. Udah lama nih saya gak posting lagi. Kali ini, saya akan menyampaikan beberapa alasan doa tidak dikabulkan oleh Allah swt. Sebelumnya, saya mau tanya sama sahabat nih. Pernah gak sih kalian berdoa dengan sungguh-sungguh lalu doa tersebut dikabulkannya lama banget, atau bahkan tidak dikabulkan? Sejujurnya sih, saya juga pernah mengalami itu. Mau tahu gak sih apa alasan Allah tidak mengabulkan doa kita. Berikut ini adalah alasan dan penyebabnya:

1. Doa kita belum memenuhi syarat-syarat diterimanya doa. Misalnya, hati kita tidak ikhlas dan khusyuk ketika berdoa. Atau juga kita berdoa bukan pada waktu yang di-ijabah.

2. Dosa kita yang belum diampuni oleh Allah swt. Seringkali kita berbuat kesalahan dan kita belum juga bertaubat karena kesalahan itu. Agar doa kita dikabulkan oleh Allah, alangkah baiknya agar kita meminta ampun dan bertaubat ketika kita melakukan kesalahan sekecil apapun.

3. Allah sengaja menyimpan pahala doa kita di akhirat nanti. Allah akan menyimpan pahala-pahala doa kita agar amal kebaikan kita bertambah dan keburukan kita dihapus oleh Allah.

4. Sebagai salah satu bentuk ujian dari Allah. Allah menguji keimanan kita apakah kita tetap meminta doa kepada Allah atau kepada yang lainnya.

5. Agar kita lebih dekat kepada Allah. Allah melakukan ini agar hambanya tidak jauh dari-Nya. Allah menginginkan hamba-Nya agar selalu ingat kepada-Nya meskipun ia sedang lapang atau sempit.

6. Jika doa kita dikabulkan, maka kita akan melakukan dosa. Misalnya, kita meminta kepada Allah agar kita diberikan kecukupan rezeki agar kita dapat membeli handphone baru. Namun setelah kita membeli handphone baru, hp itu direncanakan untuk berbuat maksiat.

7. Berdoa tanpa berusaha. Tidak akan ada hasil yang baik jika kita tidak berusaha walaupun kita berdoa dengan khusyuk. Sebagai contoh kita tidak belajar ketika menghadapi ulangan, lalu kita berdoa: "Ya Allah, berikanlah kemudahan untuk mengerjakan ulangan ini,". Pastinya kita tidak akan merasa mudah ketika mengerjakan soal ulangan.

Lalu, gimana dong biar doa kita bisa dikabulkan? Nah, ikuti kiat-kiat di bawah ini:

1. Ikhlas. Keikhlasan merupakan pokok dari semua amalan dan ibadah, termasuk dalam berdoa. Doa orang yang ikhlas, akan lebih didengar dan diperhatikan oleh Allah.

2. Tidak berdoa untuk keburukan. Allah tidak akan menerima doa yang diperuntukkan berbuat keburukan.

3. Tidak tergesa-gesa menunggu doa untuk dikabulkan. Rasulullah saw bersabda: Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Akan dikabulkan permintaan seseorang di antara kamu selagi tidak tergesa-gesa, yaitu ia mengatakan, ‘Saya telah berdoa tetapi belum dikabulkan’.” (Mutaffaqun ‘alaih)

4. Khusyuk dalam berdoa. Kita harus khusyuk dan yakin bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah swt.

5. Memanfaatkan untuk berdoa pada waktu yang di-ijabah oleh Allah swt. Berikut ini adalah waktu yang utama untuk berdoa:

  1. Sepertiga malam terakhir
  2. Saat berbuka puasa bagi orang yang berpuasa
  3. Setiap selesai sholat fardu
  4. Pada saat perang berkecamuk
  5. Saat hari Jumat
  6. Pada saat bangun tidur yang ketika sebelum tidurnya dalam keadaan suci dan berzikir pada Allah
  7. Di antara azan dan iqomah
  8. Saat sujud pada sholat
  9. Saat turun hujan
  10. Saat ajal tiba
  11. Pada malam lailatul qadar
  12. Pada hari arafah
Demikian artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Tentang Penulis

Hanya seorang pelajar yang mencari secercah cahaya hidayah di jalan dakwah yang panjang dan berliku. Berbagi segala sesuatu yang berharga secara cuma-cuma. Bukan seorang hartawan, tetapi hanya seorang yang berilmu sebagai bekal dakwah.

0 komentar:

Silakan berkomentar tentang artikel ini. Anda juga bisa menambahkan emoticon seperti di bawah ini, klik pada gambar untuk mengetahui simbol emoticon.

Back to top ↑
Connect with Us


© 2013 Jurnal Hanif. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.