Minggu, 14 Oktober 2012

Pedasnya Taoge Tahu HOT JELETOT

By Unknown   Posted at  12.36   Kuliner 1 comment


Sebelumnya apa sih Toge Tahu atau Gehu? Gehu itu adalah tahu yang diisi oleh toge dan bahan lainnya seperti serutan wortel lalu dicampurkan dengan adonan tepung terigu. Pada gehu versi Original, tidak ada campuran cabai di dalam tahu tersebut, hanya saja kita bisa mengkonsumsi gehu dengan cabai hijau seperti layaknya gorengan. Namun, pada gehu versi HOT JELETOT ini, terdapat campuran cabai rawit merah yang membuat rasa pedas yang dahsyat pada gehu ini.

Awalnya saya tidak tertarik dengan gehu ini. Namun, setelah ibu saya membelikan gehu pedas ini, saya mencobanya dan ternyata rasanya sangat pedas. Tapi rasa pedas ini membuat saya ketagihan hingga keesokan harinya perut saya terasa panas. Nah, kali ini saya bakalan ngasih tau resep cara membuat gehu pedas yang saya ambil dari tempatonlineku.blogspot.com.

Bahan Kulit gehu pedas:
10 buah Tahu kotak
100 gr Tepung terigu
20 gr Tepung sagu
1 sdm Tepung beras
1 btg Daun bawang, iris halus
1/2 sdt Garam
1/4 sdt Merica bubuk
175 ml Air

Bahan Isi gehu pedas :
100 gr Toge, diseduh
75 gr Kol, iris halus lalu seduh
100 gr Wortel, iris korek api lalu seduh
6 buah Cabai rawit merah / cabe setan, diulek kasar
100 gr Ayam giling, ditumis
50 gr Udang giling, ditumis
1 1/4 sedt Garam
1/4 sdt Merica bubuk
1/2 sdt Gula pasir

Cara Membuat Gehu Pedas Hot Jeletot:
  1. Goreng tahu hingga 3/4 matang, angkat tiriskan dan dinginkan sebentar. Buat belahan membentuk kantung untuk isi tahu, atau kerok sedikit bagian dalam tahu untuk isiannya.
  2. Campur semua bahan kulit gehu pedas satu per satu sambil diaduk rata hingga menjadi adonan pelapis gehu yang agak encer. Tapi jangan terlalu encer.
  3. Campur bahan isi menjadi satu yaitu taoge, kol, wortel, cabe ulek, ayam, udang, garam, merica, dan gula pasir, hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Masukkan isian tahu yang sudah jadi kedalam tahu yang sudah dibelah atau dikerok isinya pada langkah 1.
  5. Celupkan tahu isi ke dalam bahan adonan pencelup satu per satu.
  6. Goreng tahu isi / gehu isi dalam minyak panas yang banyak atau sampai tahu terendam minyak, gunakan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan.
Demikian informasi yang hot dari saya. Semoga bermanfaat...

Tentang Penulis

Hanya seorang pelajar yang mencari secercah cahaya hidayah di jalan dakwah yang panjang dan berliku. Berbagi segala sesuatu yang berharga secara cuma-cuma. Bukan seorang hartawan, tetapi hanya seorang yang berilmu sebagai bekal dakwah.

1 komentar:

Silakan berkomentar tentang artikel ini. Anda juga bisa menambahkan emoticon seperti di bawah ini, klik pada gambar untuk mengetahui simbol emoticon.

Back to top ↑
Connect with Us


© 2013 Jurnal Hanif. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.